Info Menarik...!!

Jumat, 20 Juli 2012

Meramu pupuk NPK organik dari bahan alami

Cara membuat NKP organik sangat mudah. Pupuk N (nitrogen) misalnya menggunakan bahan yang dapat ditemukan di sekitar kebun. Pupuk N dibuat dengan meramu akar kacang tanah, jerami, daun salam, daun sirsak, air kelapa, tetes tebu,mikroba cair  dan urine sapi. Dengan  metode fermentasi an-aerob bahan-bahan diatas dicacah kecil dan dimasukkan dalam sebuah wadah untuk kemudian ditutp rapat. Jangan lupa menambahkan mikroba untuk mempercepat prosesnya.  Tak perlu membeli alam telah menyediakan mikroba alami dan kita tinggal mengembangkannya. Ramu saja air kumur anda di pagi hari, dicampur leri (air pususan beras), jeroan usus ternak ditambah tetes tebu. Simpan dan jaga kelembapannya, jadilah mikroba buatan.
Proses yang sama juga terjadi dengan Phospat dan Kalium. Membuat Phospor cair lebih mudah lagi ramu saja batang pisang yang dipotong melintang dan tetas tebu. Sementara Kalium hanya dengan  serbuk sabut kelapa dan air. Tempatkan dalam wadah dan tutup rapat. Buat saluran udaran menggunakan selang dan masukkan ujungnya dalam borol air. Dengan hanya menunggu 2 -3 minggu jadilah pupuk cair NPK.
Penggunaannya pun mudah pupuk cair NPK buatan sendiri dicampur dan ditambah air. Perbandingannya 1:14 liter. Semprot tanaman pertanian pagi pukul 9-10 atau sore pukul 16-17 disisi  bawah daun. Hebat kan. Maka jangan sepelekan sampah dan daun daunan disekitar kita.


Sumber : http://jogjacreative.wordpress.com/2008/08/16/meramu-pupuk-npk-organik-semudah-memyeduh-teh/

Tidak ada komentar: