Info Menarik...!!

Rabu, 19 September 2012

Makanan sehat untuk jantung dan tips menyimpannya

1. Almond
Kacang Almond mengandung vitamin B2 (riboflavin), vitamin E, magnesium dan zinc yang secara keseluruhan akan membuat jantung Anda berada dalam 'mood' yang baik. Mengonsumsi almond 1/4 cangkir dalam sehari jauh lebih sehat daripada sekantung keripik. Almond yang lezat ini bisa Anda campur pada sarapan oatmeal Anda. Hmm... pasti lezat dan gurih.
Tips Menyimpan:
Beli almond panggang tanpa garam dan simpan di dalam wadah kedap udara.
2. Asparagus
Sayur hijau ini ampuh untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Kandungan folate, vitamin C dan vitamin D akan menghindari jantung Anda dari radang. Selain itu, asparagus juga rendah kalori. Anda bisa mengolah asparagus dengan cara merebusnya lalu diberi siraman minyak zaitun, perasan lemon dan sedikit taburan keju parmesan.
Tips Menyimpan:
Beli asparagus segar yang baru dipanen. Si hijau ini bisa bertahan jika disimpan pada lemari biasa, tetapi agar lebih segar, bisa Anda simpan di dalam lemari pendingin.
3. Kacang Merah
Kacang-kacangan mengandung protein nabati, vitamin B, zat besi, dan kalsium. Menyajikannya 15 gram dalam sup akan sangat membantu melawan kolesterol jahat yang berbahaya bagi kesehatan jantung Anda. Buat saja sup kacang merah yang dicampur tomat, wortel, seledri dan sedikit merica.
Tips Menyimpan:
Beli kacang merah kering lalu masukkan ke dalam wadah yang kedap udara dan hindari terkena matahari langsung.
4. Blueberry
Hampir semua buah segar baik untuk menjaga kesehatan jantung Anda. Tetapi blueberry adalah pilihan terbaik. Buah dengan warna biru-ungu gelap ini kaya antioksidan dan vitamin C, keduanya mampu atasi stres serta rendah kalori sehingga ini baik untuk jantung Anda. Tidak perlu diolah macam-macam, Anda langsung bisa mengonsumsinya. Bisa juga dibuat smoothie dengan campuran plain yogurt, nyum...
Tips Menyimpan:
Beli blueberry segar lalu simpan di dalam lemari es.
5. Brokoli
Brokoli mengandung vitamin B dan foliacid, di mana keduanya membantu mengurangi stres dan kepanikan. Selain itu, nutrisi alami tersebut juga baik untuk jantung jika dimasak dengan cara yang benar. Brokoli paling baik jika dikukus atau direbus dalam waktu yang singkat. Kemudian beri perasan lemon, ekstra virgin olive oil dan bila suka pedas taburi dengan bubuk cabai.
Tips Menyimpan:
Beli brokoli segar di pasar tradisional. Jika ingin menyimpannya dalam waktu lama, rebus brokoli dengan air yang sudah diberi sedikit garam selama 3 hingga 4 menit. Tiriskan lalu masukkan ke dalam wadah di dalam freezer. Brokoli ini akan tahan hingga 2 bulan.


Tidak ada komentar: