Info Menarik...!!

Jumat, 20 Juli 2012

Peranan dan penggunaan pupuk organik

Bahan dasar pupuk organik yang berasal dari sisa tanaman pada umumnya sedikit mengandung bahan bahan yang berbahaya. Namun penggunaan pupuk kandang, limbah industri dan limbah kota sebagai bahan dasar kompos/pupuk organik cukup mengkhawatirkan karena banyak mengandung bahan berbahaya seperti misalnya logam berat dan asam asam organik yang dapat mencemari lingkungan. Selama proses pengomposan, beberapa bahan berbahaya ini justru terkonsentrasi dalam produk akhir pupuk. Untuk itu diperlukan seleksi bahan dasar kompos yang mengandung bahan-bahan berbahaya dan beracun (B3).
Bahan/pupuk organik dapat berperan sebagai “pengikat” butiran primer menjadi butir sekunder tanah dalam pembentukan agregat yang mantap. Keadaan ini besar pengaruhnya pada porositas, penyimpanan dan penyediaan air, aerasi tanah, dan suhu tanah. Bahan organik dengan C/N tinggi seperti jerami atau sekam lebih besar pengaruhnya pada perbaikan sifat-sifat fisik tanah dibanding dengan bahan organik yang terdekomposisi seperti kompos. Pupuk organik/bahan organik memiliki fungsi kimia yang penting seperti:
  1. Penyediaan unsur hara makro (N, P, K, Ca, Mg, dan S) dan mikro seperti Zn, Cu, Mo, Co, B, Mn, dan Fe, meskipun jumlahnya relatif sedikit. Penggunaan bahan organik dapat mencegah kahat unsur mikro pada tanah marginal atau tanah yang telah diusahakan secara intensif dengan pemupukan yang kurang seimbang.
  2. Meningkatkan kapasitas tukar kation (KTK) tanah; dan
  3. Dapat membentuk senyawa kompleks dengan ion logam yang meracuni tanaman seperti Al, Fe, dan Mn.
Pertanian konvensional yang telah dipraktekkan di Indonesia sejak Revolusi Hijau telah banyak mempengaruhi keberadaan berbagai mikroba berguna dalam tanah. Mikroba-mikroba ini mempunyai peranan penting dalam membantu tersedianya berbagai hara yang berguna bagi tanaman. Praktek inokulasi merupakan suatu cara untuk memberikan atau menambahkan berbagai mikroba pupuk hayati hasil skrining yang lebih unggul ke dalam tanah.
Bahan organik juga berperan sebagai sumber energi dan makanan mikroba tanah sehingga dapat meningkatkan aktivitas mikroba tersebut dalam penyediaan hara tanaman. Jadi penambahan bahan organik di samping sebagai sumber hara bagi tanaman, sekali gus sebagai sumber energi dan hara bagi mikroba.
Penggunaan pupuk organik saja, tidak dapat meningkatkan produktivitas tanaman dan ketahanan pangan. Oleh karena itu sistem pengelolaan hara terpadu yang memadukan pemberian pupuk organik/pupuk hayati  dan pupuk anorganik dalam rangka meningkatkan produktivitas lahan dan kelestarian lingkungan perlu digalakkan. Hanya dengan cara ini keberlanjutan produksi tanaman dan kelestarian lingkungan dapat dipertahankan. Sistem pertanian yang disebut sebagai LEISA (low external input and sustainable agriculture) menggunakan kombinasi pupuk organik dan anorganik yang berlandaskan konsep good agricultural practices perlu dilakukan agar degredasi lahan dapat dikurangi dalam rangka memelihara kelestarian lingkungan.
Pemanfaatan pupuk organik dan pupuk hayati untuk meningkatkan produktivitas lahan dan produksi pertanian perlu dipromosikan dan digalakkan. Program-program pengembangan pertanian yang mengintegrasikan ternak dan tanaman (crop-livestock) serta penggunaan tanaman legum baik berupa tanaman lorong (alley cropping) maupun tanaman penutup tanah (cover crop) sebagai pupuk hijau maupun kompos perlu diintensifkan.

Penggunaan pupuk organik dan hayati

Pada kenyataannya  penggunaan pupuk organik dan hayati sampai sekarang masih sulit dalam hal ketersediaannya.
Penyebabnya antara lain:
  1. Karena kebanyakan pupuk organik dan pupuk hayati lebih banyak diproduksi oleh pengusaha kecil dan menengah. Jadi hasil produksinya tidak banyak.
  2. Pupuk organik banyak diproduksi  untuk digunakan sendiri, dan
  3. Jumlah penggunaan pupuk organik dan pupuk hayati  masih sangat terbatas.
 Pupuk organik komersial yang kebanyakan  diproduksi oleh perusahaan besar masih banyak  dipakai untuk tanaman hias pot di kota-kota besar. Baru pada tahun tahun terakhir ini perusahaan pupuk Petro Kimia, Sriwijaya dan beberapa yang lain sudah mulai memproduksi pupuk organik.
Penggunaan pupuk organik yang diproduksi secara kecil dilakukan pada tingkat usaha tani dengan menggunakan limbah pertanian ataupun limbah ternak yang ada di usaha tani itu sendiri.  Beberapa perusahaan pertanian/perkebunan seperti kelapa sawit, nanas, jamur  mengolah limbahnya menjadi kompos untuk kebutuhan pupuknya sendiri.

Tidak ada komentar: