Info Menarik...!!

Selasa, 28 Agustus 2012

HYDROPONIC OR ORGANIC

Oleh Roger H. Thayer

Hidroponik "Apakah organik?", Apakah hidroponik organik? Apakah bahan kimia? Apa persamaan dan perbedaan? Pertanyaan-pertanyaan ini pernah benar-benar menjawab untuk kepuasan kebanyakan orang yang dibuktikan dengan fakta bahwa saya menanyakan pertanyaan yang sama hari ini sesering saya hampir 20 tahun lalu. Banyak orang yang bingung dengan kata "organik" seperti itu berarti hal yang berbeda untuk orang yang berbeda. Karena saya mulai dalam bisnis hidroponik pada tahun 1972,
Untuk petani, kata organik berarti tidak ada pestisida atau herbisida. Tidak ada bahan yang berpotensi beracun atau berbahaya untuk digunakan pada tanaman untuk mengendalikan bug, gulma dan penyakit. Untuk tukang kebun, kata biasanya berarti semua hal ini, ditambah tidak ada bahan kimia yang tidak alami atau buatan manusia yang akan digunakan. Hanya "organik" pupuk dan kontrol alami. Mereka harus: dibuat oleh alam, bukan oleh manusia.

Untuk ahli kimia, di sisi lain, kata "organik" berarti sesuatu yang sama sekali berbeda. Dalam kimia ada dua cabang yang berbeda: kimia anorganik dan organik. Kimia anorganik berhubungan dengan materi tak hidup.

Kimia organik berfokus pada karbon dan karbon mengandung senyawa, biasanya dikaitkan dengan kehidupan. Ahli biologi dan ahli botani, dan lain-lain yang berurusan dengan ilmu kehidupan, terjebak di tengah. Ketika mereka berurusan dengan ahli kimia dan ilmuwan lain, mereka harus mematuhi definisi kimia organik. Ketika mereka berbicara dengan petani atau tukang kebun, mereka harus berbicara dalam istilah yang berbeda. Bagi mereka, organik berarti "alam," tidak berbasis karbon. Mereka dapat mengatakan satu hal, tapi benar-benar berarti sesuatu yang lain.

Sebenarnya tidak ada perbedaan antara atom, mineral atau elemen itu sendiri. Yang penting adalah apakah atau tidak mereka dalam bentuk yang non-berbahaya dan yang dapat digunakan oleh tanaman. Jika demikian, apakah mereka bermanfaat alam atau buatan manusia. Tanaman tidak mengambil karbon pada akar, mereka mendapatkan semua yang mereka butuhkan dari CO2 di udara, sehingga "berkebun organik" istilah membingungkan. Mineral yang sama dibutuhkan dalam tumbuh baik hidroponik atau organik. Mineral ini diberikan kepada tanaman di kebun organik karena mereka dibebaskan dari bahan organik oleh aksi mikroba, cacing dan bakteri. Dalam hidroponik, unsur-unsur yang sama disediakan oleh garam-garam mineral larut dalam air.

Pada hidroponik, unsur mineral disediakan dengan menggunakan garam mineral. Ini mungkin baik secara alami berasal dari buatan manusia, namun sebagian besar telah dimurnikan dan diproses sehingga mereka larut dalam air dan dalam bentuk yang dapat digunakan oleh tanaman. Banyak mulai keluar sebagai mineral ditambang atau deposito alami terkonsentrasi yang dilarutkan dan diproses menjadi senyawa dengan struktur molekul yang pasti dan komposisi. Dalam proses pemurnian, garam mineral ini biasanya dimurnikan untuk menghilangkan kontaminan logam berat dan zat beracun yang dapat merugikan tanaman atau orang. Karena komposisi kimia diketahui secara tepat, garam mineral yang berbeda dapat dikombinasikan untuk membentuk nutrisi hidroponik seimbang. Ketika dilarutkan dalam proporsi yang tepat dengan kualitas air yang baik, larutan nutrisi hidroponik dapat menyediakan semua elemen mineral yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tanaman tanpa tanah. Dengan sifatnya, metode hidroponik menghilangkan banyak ketidakpastian dan dugaan yang ditemukan di tumbuh organik. Beberapa penyesuaian biasanya dibuat untuk pH yang tepat, mengendalikan konsentrasi hara (bagian per juta) dan untuk menjaga keseimbangan antara nutrisi yang disediakan. Ini biasanya penyesuaian yang mudah dan dalam kontrol penanam. Dalam instalasi baik dibangun hidroponik, semua kondisi yang terkendali sehingga pertumbuhan tanaman optimal dapat dicapai, bahkan melebihi alam.

Tapi apakah itu organik? Dapatkah nutrisi tanaman hidroponik diklasifikasikan sebagai organik? Mungkin tidak, kecuali jika Anda kembali ke definisi kimia dari kata, yang merupakan zat yang mengandung karbon. Dengan definisi ini, banyak "kimia" formula nutrisi akan dianggap organik. Ini termasuk elemen chelated serta urea, yang mengandung karbon dalam bentuk (NH2) CO2. Hal ini juga memungkinkan untuk mendefinisikan larutan nutrisi hidroponik organik dengan menggambar pada definisi banyak orang menggunakan bahwa organik adalah "alami".

Sebagian besar unsur-unsur mineral yang digunakan dalam hidroponik mulai keluar sebagai batu ditambang atau deposit mineral yang adalah sebagai alam sebagai bumi itu sendiri. Poin penting adalah bahwa tidak unsur-unsur yang berbeda dalam pertumbuhan organik dan hidroponik, adalah bagaimana elemen ini diperoleh dan dikirim ke pabrik.

Pro dan kontra. Ada keuntungan pasti dan kekurangan untuk keduanya tumbuh organik dan hidroponik. lahan masih tersedia untuk pertanian konvensional. Dengan teknik yang tepat dan perawatan, tumbuh organik dapat hasil yang baik, tanaman berkhasiat dalam skala besar dengan biaya minimal, meskipun dapat padat karya. Tumbuh organik memiliki unsur ketidakpastian, sebagaimana telah disebutkan, tetapi dengan perawatan dan pengetahuan, yang dapat disimpan ke minimum. Namun, mineral dan elemen yang optimal komposisi akan melibatkan menebak kecuali analisis kimia tanah mahal secara rutin dilakukan dan perubahan tanah yang digunakan untuk kekurangan benar. Sebagian besar perubahan yang digunakan dalam pertanian modern terjadi untuk menjadi garam mineral yang sama persis yang digunakan dalam formula gizi yang paling hidroponik. Keuntungan dari hidroponik tumbuh adalah peningkatan hasil melalui kontrol gizi dan lingkungan lengkap, tidak adanya gulma bersaing dan tanah-penyakit, kepadatan tanaman meningkat dan konsumsi air berkurang. Dengan sistem daur ulang, hidroponik menggunakan sepersepuluh jumlah air yang digunakan oleh pertanian irigasi. Media tanam yang mudah disterilisasi dan kondisi dapat diubah dengan cepat untuk memenuhi tanaman tertentu atau tahap pertumbuhan tanaman tertentu, seperti selama pembungaan atau produksi buah.

Kerugian utama adalah biaya set-up awal. Biaya instalasi yang baik adalah cukup tinggi, tetapi jika kualitas bahan yang digunakan biaya yang dapat menyebar selama bertahun-tahun. Bagaimana dengan menggunakan nutrisi hidroponik di kebun organik atau tanah! Ada banyak keuntungan untuk jenis aplikasi hibrida, menggabungkan kompos organik dengan nutrisi hidroponik mirip dengan Berkebun Mittleider. Perawatan harus diambil untuk tidak overdosis tanaman dengan sistem seperti itu. Jika kekuatan penuh kotoran ayam digunakan dengan kekuatan penuh solusi hidroponik tanaman dapat dibakar. Ditangani dengan baik sistem dapat menghilangkan kekurangan mineral. Tanaman tumbuh lebih cepat dan sehat selama pH, drainase dan air / retensi gizi yang memadai. Karena tanaman sehat mereka mampu menangkal serangga dan penyakit, hasil meningkatkan lebih lanjut.

Hidroponik vs Organik
Pasti banyak dari para pembudidaya yang berfikir jika kedua cara budidaya tersebut dibandingkan akan lebih baik yang mana. Untuk dapat menjawab pertanyaan tersebut maka kita perlu sedikit mengulas kedua cara budidaya tersebut.
Hidroponik merupakan cara pembudidayaan tanaman pada media yang tidak menyediakan unsur hara. Penyediaan unsur hara sepenuhnya dilakukan oleh manusia melalui pupuk. Pupuk yang diberikan mengandung unsur-unsur hara essensial yang dibutuhkan tanaman. Sedangkan Organik merupakan cara pembudidayaan tanaman tanpa menggunakan bahan kimia atau cara budidaya yang menggunakan bahan-bahan alami.

Pembanding  Hidroponik  VS   Organik 


1 Kesehatan
Hidroponik.  Sehat, karena tanaman mendapatkan unsur hara yang dibutuhkan dalam jumlah yang pas
Organik. Sehat, karena menggunakan bahan-bahan alami  

2 Pencemaran
Hidroponik Tidak, karena tidak ada bahan kimia yang terbuang
Organik Tidak, karena bahan yang digunakan ramah lingkungan

3 Pupuk
Hidroponik.  Garam mineral (Kimia), walaupun dari bahan kimia tetapi tetap sehat karena unsur hara yang diserap tanaman dalam bentuk ion dan dirubah menjadi karbohidrat oleh tanaman
Organik.  Alami, sehat karena dari bahan alam. Walaupun dari bahan alam namun unsur hara yang diserap tanaman dalam bentuk ion sama seperti pupuk kimia

4 Kandungan pupuk
Hidroponik Tinggi dan lengkap, jumlahnya pas
Organik Rendah dan belum tentu lengkap, karena sifat dari bahan alam

5 Lokasi
Hidroponik Tidak terbatas, bisa dimana saja
Organik Terbatas pada faktor tanah

6 Produktivitas
Hidroponik Tinggi dari sejak awal tanam
Organik Pada awal tanam rendah namun akan terus meningkat.

Diatas adalah beberapa perbandingan budidaya Hidroponik dengan budidaya Organik. Namun kedua cara budidaya tersebut pada hakikatnya adalah berbeda karena Organik merupakan budidaya pada tanah dan Hidroponik tanpa menggunakan tanah. Jadi tergantung kebutuhan dan tujuan budidaya anda untuk memilih cara budidaya yang ingin anda lakukan.

Semoga bermanfaat ......!!
Diambil dari berbagai sumber..di dokumentasikan : Oleh Paktani Hydrofarm

Tidak ada komentar: