Info Menarik...!!

Kamis, 16 Agustus 2012

MEMBUAT SILASE ATASI KELANGKAAN PAKAN PADA MUSIM KEMARAU

Salah satu teknologi pengawetan pakan hijauan untuk ternak adalah teknik silase,teknologi ini dapat membantu peternak dalam menyediakan pakan ternak yg berkwalitas. Dengan teknologi ini kelanggkaan dan kekurangan pakan pada musim kemarau dapat di hindari.
bahan atau subtrat untuk di buat silase bisa dari rumput jerami,kolonjono,rumput lapang,daun dan pelepah sawit dll.

Proses pembuatan silase dilakukan dengan mencacah bahan menjadi partikel yang halus. Cacahan diberi salah satu bahan seperti : tepung kanji,  tepung jagung, onggok atau molases sebanyak 3-5% dari berat bahan.  Dasar pemilihan bahan adalah murah dan mudah didapat.
Selain bahan tersebut diatas, tambahkan juga urea 3 - 6%, kemudian semua bahan dimasukkan kedalam drum, padatkan dan tutup rapat untuk mempertahankan kondisi tanpa udara (anerob) selama 2-3 minggu baru bisa digunakan. Pada saat silase dibuka, kering anginkan terlebih dulu baru diberikan kepada ternak. Silase dapat disimpan dalam waktu yang lama, bahkan bertahun-tahun tanpa mengalami penurunan nilai.

Untuk ternak yang belum terbiasa pada awalnya mungkin akan kesulitan atau tak mau makan,tapi ini bisa di siasati dengan memberikan sedikit demi sedikit hingga ternak terbiasa dengan pakan silase.
kelebihan pakan ini dapat di simpan bertahun tahun,nilai gizi lebih baik dari pakan hijauan tanpa perlakuan,petambahan bobot badan harian lebih baik atau meningkat.

(By : Budiyono Jayus)

Tidak ada komentar: