Info Menarik...!!

Kamis, 05 September 2013

Nutrisi Tanaman

By Petani alami

Nutrisi tanaman atau pupuk organik cair, sebenarnya bisa kita buat sendiri. Banyak sekali sebutan atau istilah nutrisi tanaman sesuai fungsi atau kandungannya. Misalnya PGPR (plant growth promoting rhizobacter), MOL/IMO (mikroorganisme
lokal), serta nutrisi lainnya. Intinya, tiap ramuan memiliki khasiat tersendiri untuk tanaman. Dan untuk beberapa ramuan, nutrisi juga dapat digunakan pada hewan dan dapat dikonsumsi manusia. Tentunya pada jumlah dan kandungan tertentu.
Saya membuat beragam jenis nutrisi untuk dicobakan pada tanaman. Berbekal pengetahuan dari sesama petani serta mencoba mereka sendiri, saya meracik nutrisi dari beragam jenis tumbuhan, buah-buahan, ikan, urin hewan atau material organik lain untuk difermentasi. Hasil fermentasian kemudian diujikan pada tanaman.
Beberapa nutrisi yang saya buat antara lain:
  1. PGPR
  2. PGPR Kelapa
  3. Urin sapi
  4. Mikroba II
  5. Urinsa
  6. Startbio
  7. Nutrisi telur
  8. Nutrisi ikan
Nutrisi-nutrisi tersebut memiliki kegunaan dan aplikasi yang berbeda. Masing-masing punya waktu penggunaan. Ada yang digunakan sebagai perendam benih, ada yang digunakan pada saat musim tanam (untuk mencegah dari penyakit), ada yang digunakan pada masa peralihan, ada juga yang digunakan pada masa reproduktif atau pembentukan buah.
Penggunaan nutrisi memang lebih beragam dan tidak praktis ketimbang pupuk urea atau pupuk pabrik lainnya. Nutrisi juga diberikan dalam jumlah yang optimal dan waktu yang tepat. Gunanya agar nutrisi yang diserap sesuai dengan jumlah yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh dan membangun kekebalan tubuh dari beragam penyakit.

Tidak ada komentar: